Halaman

Selasa, 30 Maret 2010

Tips Menghindari Penipuan Travel Online


Memang indah jika kita sekeluarga menghabiskan waktu sepanjang cuti untuk melancong ke luar negeri atau tempat-tempat terkenal lainnya. Dan dizaman serba IT ini, hampir setiap transaksi dapat dilakukan secara online. Maka tak pelak lagi, banyak orang-orang yang tidak bertanggungjawab mengupayakan seribu-satu macam tipu daya agar bisa mengambil kesempatan terhadap kecuaian dan kelalaian kita.

Inilah beberapa tips yang dapat Anda simak untuk menghindari penipuan perjalanan online:

Apa ada pada Nama? Kepercayaan ...
Ingatlah untuk selalu berurusan dengan perusahaan yang Anda kenal dengan baik dan memiliki interaksi positif dengan anda sebelumnya. Sebelum melanjutkan lebih jauh, perusahaan akan mencatat nama lengkap, alamat, dan nomor telepon anda untuk referensi lebih lanjut.

Selesaikan PR?
Bukan PR sekolah, melainkan riset tentang perusahaan karena kebanyakan korban penipuan adalah mereka yang berurusan dengan sebuah perusahaan untuk pertama kalinya. Hubungi forum konsumen yang terletak di kota yang sama dengan perusahaan perjalanan. Sebagai tambahan, Anda dapat menghubungi forum konsumen di tempat Anda tinggal. Jika Anda melihat keluhan atas nama perusahaan itu, Anda mungkin harus memilih perusahaan lain untuk menghindari masalah yang lebih ruwet kelak.

Berikan Pertanyaan karena itu lebih baik.
Anda harus selalu meminta penjelasan dan meminta rincian spesifik, khususnya jika agen perjalanan menggunakan kata-kata yang terdengar seperti pengelakan. Sebagai contoh, tanyakan arti kata-kata seperti "kemewah" dan "mewah". Konsep seseorang mendefinisikan mewah mungkin sangat berbeda dari orang lain.

Membayar Dengan Kartu Kredit Utama.
Selalu ingat untuk membayar pembelian Anda dengan kartu kredit utama. Ini lebih baik karena perusahaan kartu kredit utama sering mempersoalkan biaya yang ditawarkan kepada Anda. Setelah tiba di tempat tujuan dan ternyata fasilitas tidak memenuhi harapan, Anda dapat mengajukan pengaduan kepada agen perjalanan dan perusahaan kartu kredit.

Tolong jangan terapkan Muslihat.

Lebih baik tidak membeli sebuah perjalanan melalui agen sebuah perusahaan yang menggunakan taktik tekanan tinggi. Taktik bertekanan tinggi dapat berarti bahwa Anda harus menandatangani sekarang, karena itu tidak akan tersedia nanti, atau Anda mungkin akan diminta untuk menandatangani sekarang karena takut harga naik, atau hanya satu paket perjalanan tetap yang tersedia untuk pembelian.

Terlalu bagus untuk menjadi kenyataan? Tidak Benar!
Tidak kira seberapa baik pun hal itu tampak, jangan pernah percaya pada sebuah paket perjalanan yang tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Jika seluruh biaya perjalanan kurang dari biaya pasar, menawarkan terlalu banyak bonus, atau datang dengan fitur yang tidak realistis, maka itu pastilah satu kebohongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar