Halaman

Senin, 29 Maret 2010

Cara Tepat Mengatasi Insomnia.


Jangan banyak basa-basi lagi. Soalnya, semua ini memang sudah basi sejak dari dulu. Nah, bagi mereka yang mengidap insomnia, ada beberapa petuah agar anda tidak lagi menderita karena menghitung setip detik yang berlalu sampai ayam berkokok minta roti, hanya karena Andalah satu-satunya manusia yang terjaga disaat semua orang sedang lena dibuai mimpi.

1. Cari tahu waktu yang paling melelahkan dalam hidup anda. Paling tidak satu jam sebelum waktu Anda mengalami kelelahan tersebut, mandilah dengan air hangat, sedikit lebih hangat daripada suhu tubuh, berendam dan santai selama 20 menit atau lebih. (Tapi jangan mandi shower, mandi berendam seperti kerbau yang berkubang dalam lumpur sangat dianjurkan)

2. Minum air yang hangat, sebaiknya bukan kopi atau teh.

3. Jangan pikiran masalah yang Anda hadapi, atau apa yang perlu dilakukan besok. Intinya santai saja hidup harus dinikmati bro. Jika Anda khawatir bakal terlupa hal-hal yang seharusnya dilakukan besok lebih baik tulis semua program kerja anda dalam diary.

4. Hindari meransang pikiran anda dengan acara-acara yang ditayangkan di Televisi apalagi hal-hal yang berbau mesum. Jika Anda hobi membaca sebelum tidur, bacalah buku yang paling membosankan di dunia.

5. Sediakan tempat tidur yang nyaman untuk tidur. Kalau teringin menonton televisi atau membaca lakukan sambil duduk diatas kursi bukannya sewaktu badan anda terlentang diatas kasor.

6. Naik ke tempat tidur minimal 20 menit sebelum kelelahan yang anda alami sampai ke puncak. Jika kekhawatiran muncul di pikiran Anda setelah berada ditempat tidur, katakan pada diri sendiri, "Saya akan memikirkannya besok, saya akan memikirkannya besok". Ulangi beberapa kali. Jadi semua hal akan pergi jauh dari pikiran. Jangan membuat pikiran Anda kosong. Jangan mengupayakan diri untuk tertidur. Tapi biarkan diri untuk beristirahat.

7. Anda harus berusah semaksimal mungkin untuk menghilangkan ketidaknyamanan.

8. Untuk Insomnia eksogen yakni insomnia yang disebabkan oleh faktor-faktor luaran, Upayakan diri anda berada dalam ruangan setenang mungkin. Jika pasangan Anda mendengkur, Anda boleh pindah ke ruangan lain. Menjalankan kipas juga dapat membantu untuk tidur karena suara dengung monoton kipas cenderung menutup suara-suara lain yang ada di sekeliling dan ini terbukti membuat diri anda berada dalam kondisi yang lebih santai.

Semoga bermanfaat untuk bangsa dan negara.

1 komentar: