Halaman

Kamis, 01 April 2010

9 Tempat Paling Tercemar di Dunia.

Sebanyak 120.000 ton emisi berbahaya dibebaskan setiap tahun. Ini termasuklah merkuri yang dapat menjejaskan sistem saraf dan fungsi otak hingga mengakibatkan kerusakan permanen pada otak, ginjal maupun janin. Tempat-tempat yang sangat tercemar kebanyakan berada di negara berkembang, di mana anak-anak kecil berbondong-bondong menemui ajal atau hidup dengan penyakit kronis.

Berikut merupakan 9 tempat yang paling tercemar di dunia disebabkan oleh polusi yang sebenarnya bermuara dari tangan-tangan jahil manusia sendiri.


1.Chernobyl, Ukraina -Dampak dari kecelakaan nuklir terburuk di dunia, mempengaruhi 5,5 juta orang dan menyebabkan kenaikan tajam pada kanker tiroid. Insiden ini juga merusak prospek ekonomi daerah dan negara-negara sekitarnya.

2.Dzerzinsk, Rusia -Pusat manufaktur kimia sewaktu Perang Dingin. Sekitar 300.000 penduduk kota terancam meninggal dunia akibat limbah yang disuntikkan langsung ke dalam tanah.

3.Kabwe, Zambia -Kota kedua terbesar di negara Afrika selatan dan salah satu pusat peleburan terbesar di dunia hinga tahun 1987. Akibatnya, seluruh kota terkontaminasi dengan logam berat, yang dapat menyebabkan kerusakan otak dan saraf pada anak-anak dan janin.

4.La Oroya, Peru - Walaupun merupakan salah satu komunitas terkecil dengan populasi penduduk 35.000 orang. Namun tempat ini adalah salah satu tempat yang paling banyak tercemar oleh timah, tembaga dan seng dari pertambangan yang berbasis di perusahaan Jalankan Doe.

5.Linfen, Cina - sebuah kota di jantung wilayah batubara Cina di Propinsi Shanxi, tiga juta penduduk tersedak debu dan meminum air yang mengandung arsenik dari bahan bakar fosil. Selain itu, udaranya sangat tercemar oleh asap hingga orang sulit untuk melihat.

6.Norilsk, Rusia - Kota ini terletak di atas Lingkaran Kutub Utara yang merupakan kompleks peleburan logam terbesar di dunia, oleh karena itu, beberapa jenis asap paling berbahaya ada di sini. Tidak ada hidupan dari rumput atau semak dalam jarak 30 kilometer dari kota. Kontaminasi logam berat telah ditemukan hingga 60 kilometer jauhnya."

7.Sukinda, India – Salah satu rumah tambang kromit terbesar di dunia terletak di tempat ini. Kromit biasanya digunakan untuk membuat baja stainless. 2,6 juta orang menggunakan air dari sungai Brahmani yang mengandung karsinogenik senyawa kromium hexavalen yang sangat berbahaya. 30 juta ton limbah batuan dipercayai melapisi sungai tersebut.

8.Tianying, Cina - Pusat produksi timah Cina dengan populasi 160.000 orang, memenuhi syarat sebagai salah satu dari delapan daerah yang paling tercemar di negara itu. Menurut pemerintah Cina, konsentrasi timbal di udara dan tanah adalah 8,5-10 kali di atas standar kesehatan dan debu timah pada tanaman lokal 24 kali lebih tinggi dari standar kesehatan Nasional.

9.Vapi, India – Tempat pembuang sisa limbah di negara bagian Gujarat. Lebih dari 1.000 produsen, termasuk petrokimia, pestisida farmasi dan bahan kimia lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar