Halaman

Kamis, 01 April 2010

Cara Memulai Percakapan.


Umum mengetahui bahwa percakapan adalah faktor penting dalam meningkatkan keterampilan sosial seseorang. Tapi sayangnya, masih ada segelintir orang yang tidak percaya diri dalam memulai pembicaraan walaupun kita sebenarnya tidak perlu membuang banyak waktu memikirkan topik yang ingin dibicarakan. Sebagai inisiator percakapan yang baik, kita harus mengamati lingkungan, kondisi dan dengan siapa kita berbicara, bukannya tinggal melompong hingga memberi peluang pada orang lain untuk bertanya-tanya tentang kesehatan mental kita.

Okay, lanjut lagi. Biasanya orang lebih tertarik untuk berbicara tentang diri mereka sendiri namun kita dapat memulai pembicaraan berdasarkan situasi. Apakah ada hal yang luar biasa dalam situasi tersebut? Jika ya, maka kita harus mengomentari dan mempersiapkan pertanyaan yang dapat memberi efek pada percakapan.

Salah satu tips yang paling penting dalam memulai percakapan adalah senyum karean ia merepresentasikan rasa percaya diri saat berbicara dengan seseorang. Tapi jangan senyum terus nanti orang pikir kita gila. Dan ingat, upayakan untuk memulai percakapan dengan sebuah pertanyaan.

Seni percakapan
Percakapan adalah seni yang mungkin mudah bagi Anda, tetapi bisa sulit bagi banyak orang. Belajar untuk menerjang penghalang adalah salah satu faktor penting dalam seni percakapan. Ketiga alasan berikut ini akan membantu kita mengetahui mengapa sebagian orang tidak nyaman melakukan percakapan.

1. Ketidakpercayaan
Kita selalu menemukan banyak individu yang merasa bahwa orang lain selalu berpikir bahwa mereka tidak pandai. Kita seharusnya tidak berpikir tentang hal ini tapi sebaliknya berusaha memupuk rasa percaya diri. Dan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah membicarakan hal-hal yang kita ketahui. Jangan coba-coba berdiskusi jika kita tidak tahu tentang subjek yang sedang dibicarakan karena mungkin kita akan dipermalukan. Bahkan seandainya kita memang sudah tergabung dalam kelompok tersebut, sebaiknya kita mencari jalan untuk keluar.

2. Apa yang harus dikatakan?
Jika kita berpikir bahwa memulai percakapan adalah sulit, itu merupakan satu kekeliruan. Disarankan untuk memulai percakapan tentang hal-hal yang menarik bagi setiap orang dalam kelompok. Salah satu topik pembicaraan terbaik adalah berbicara tentang lingkungan atau peristiwa yang sedang terjadi saat itu.

Topik umum dan menarik selalu membuat semua orang ingin berbicara dan situasi ini akan mengarah pada sesi percakapan baik. Kita harus memulai topik baru dan mengajukan pertanyaan tentang topik sebelumnya. Cobalah untuk mempertahankan nada ramah yang akan membantu kita melanjutkan pembicaraan.

3. Menyakiti perasaan orang.

Kita harus selalu ingat bahwa sewaktu-waktu kita akan membuat orang tersinggung dengan apa yang kita bicarakan. Dan jika ingin menghindari masalah ini maka kita tidak seharusnya membicarakan perkara-perkara negatif. Jangan bicara tentang hal-hal sensitif seperti agama, dan profesi. Kita juga harus berusaha menghindari komentar pribadi yang mungkin membuat orang tersinggung.

Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar